0

Mengajarkan Agama Kepada Anak Usia Dini.

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah. Tetapi bukan pula hal yang sangat menyulitkan kita sebagai orang tua. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam mendidik seorang anak, terutama peran kita sebagai orang tua. Dan salah satu metode pendidikan anak yang cukup efektif dan sangat diutamakan adalah dengan teladan dari orang tua. Bila orang tua memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik, yang sesuai dengan norma agama, norma keluarga maupun norma masyarakat diharapkan anaknya akan terlahir menjadi baik juga.

Di sinilah tugas kita sebagai orang tua untuk membimbingnya, mengajarinya dan yang terpenting adalah memberikan contoh perilaku terpuji di hadapan anak kita. Karena lingkungan keluarga adalah tempat dimana anak kita mendapatkan pendidikan untuk pertama kalinya. Nah, sebagai pendidikan yang pertama dan yang paling utama yang harus kita ajarkan kepada anak ialah cara mengenal Tuhannya –Allah SWT dengan bahasa yang mudah dipahami mereka. Sehingga mereka akan mudah mengerti  dan menangkap penjelasan kita tanpa membuat mereka kebingungan. Mengapa pendidikan agama mengenal Allah yang harus diutamakan?

Mengenal Allah adalah sebuah proses penting dalam kehidupan manusia. Hanya dengan mengenal Allah seseorang akan mengetahui secara hakiki tujuan kehidupannya. Dan dengan mengenal Allah seseorang dapat memahami apa yang Allah inginkan terhadap kita sebagai makhluk yang diciptakan-Nya. Oleh sebab itu, anak harus mengetahui hal ini sejak usia dini karena Allah adalah satu-satunya Dzat yang harus anak ketahui dengan cara menanamkan ketauhidan pada diri anak kita supaya mereka tumbuh menjadi anak yang tahu dan mengerti bahwa Allah selalu ada di dekatnya. Lalu, bagaimana cara mengenalkan Allah pada anak?

Salah satu cara yang dapat kita lakukan ialah mengenalkan anak melalui ciptaan-ciptaan Allah. Seperti dengan kita mengatakan kepadanya bahwa Allah tidak hanya menciptakan sesuatu yang dibutuhkan manusia, tapi juga menciptakan alam semesta dan isinya. Dengan mencontohkan benda-benda yang oleh anak sudah mengenalnya. Memberikan pertanyaan seperti, benda apa saja yang paling hebat yang pernah dibuat oleh manusia? Bisa jadi di antara mereka ada yang mengatakan robot, komputer, pesawat helikopter, dan masih banyak lagi. Nah, dari jawaban tersebut kita bisa menjelaskan mengenai keagungan Allah.

Kemudian kita menjelaskan pada anak bahwa manusia belum bisa dikatakan sebagai pencipta. Sebab, bahan bakunya berasal dari Allah. Idenya juga meniru ciptaan Allah. Misalnya, robot meniru manusia. Pesawat helikopter tempur idenya meniru capung. Dan komputer idenya meniru otak manusia. Dari pemaparan itu anak mengerti bahwa tidak ada satu makhluk pun yang bisa menciptakan sesuatu secara utuh selain Allah.

Dengan cara ini, semoga anak akan lebih dekat dengan Allah, Tuhan penciptanya dengan cara sederhana dan sesuai dengan daya tangkapnya. Semoga bermanfaat untuk kita sebagai orang tua. 
Dengan cara ini semoga bagi para guru atau orangtua mampu mempermudah untuk mengenalkan kepada anak tentang Tuhan, bagi anak bisa lebih dekat mengenal akan adanya Tuhan. Semoga bermanfaat.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/fatimah14160003/mengenalkan-tuhan-kepada-anak-usia-dini_5645654cd47a61bd0910b839

Post a Comment

 
Top