0

Asli Atau Palsu.

Sangat menggelitik ketika aku mendengar percakapan dua orang mungkin mereka pasangan kekasih karena memang masih muda, atau memang sudah menjadi sepasang suami istri, entahlah, itu hanya dugaanku saja. Tapi yang membuat aku sempat terpaku untuk berfikir sekaligus bisa bikin tersenyum simpul adalah isi percakapan manja sang perempuan kepada pasangannya di sebuah cafe, yang kebetulan duduk tak jauh dari mereka. Dan kebetulan tanpa sengaja aku menguping kemeriahan percakapan mereka yang tak kalah meriah ketika aku menikmati setoples kecil emping goreng buatan ibu tercintaku.

"Sayang, lihat tuh tas yang itu, iya itu,.. yang merah itu, beliin donk yang kayak gitu modelnya, cantik banget, tapi beliin yang asli nggak KW kayak gitu,....." ujar si perempuan sambil menunjuk kepada seorang wanita muda yang sedang berjalan masuk ke arah cafe yang sama. Dan diikuti sang pria sambil mengamati wanita tadi.

Kejadian itu membuat aku sempat berpikir dan bertanya-tanya tentang sesuatu yang dianggap sangat penting bagi sebagian besar kaum hawa, keaslian merek tas itu. Apa sih sebenarnya yang membedakan asli atau palsu sebuah produk tas?

Sebagian teman-temanku jika ditanya hampir semuanya menjawab, kalau asli itu ya karena kualitasnya bagus, baik itu bahannya pilihan, design berkelas, model tidak seperti pasaran, jahitanya rapi dan bagus. Dan yang lebih mengena lagi karena dijual di toko-toko mewah, outlet-outlet terkenal juga perancangnya setidaknya dikenal luas dan tentu juga masalah harga memang tidak bisa bohong, wow banget.

Ada temanku yang beli tas KW buatan China melalui sebuah toko online karena memang malas yang namanya keluar shopping belanja. Lagipun cuman tas KW, biar hemat waktu dan tenaga katanya kalau online shop. Katanya sih sama saja sama yang asli modelnya. Meski serotanya sudah lepas beberapa bulan setelah dia pakai. Sedangkan tetanggaku yang memang bisa dibilang gengsi pakai barang KW, membeli tas merek asli dari outletnya, ternyata resletingnya rusak juga beberapa kali pemakaian. Akhirnya dibawa ke outletnya, bilangnya harus dibetulin di outlet aslinya di luar negeri sana. Baru bisa selesai beberapa bulan. Aduh repotnya. Akhirnya dia beli tas lainnya lagi.

Tapi sekarang, tas KW super juga bisa menjadi tas yang luar biasa cantik dan  kualitasnya juga bagus. Banyak pengrajin tas yang membuat model tas sama dengan model tas-tas bermerek. Dengan bahan yang berkualitas bagus, kulit yang sama, standard jahitan yang sama, design yang sama juga dan tentunya hasilnya juga nggak kalah beda dengan tas aslinya. Dan setelah itu dipajang dan dijual di outlet tas juga. Apakah itu bisa dibilang kalau tas hasil karyanya palsu? Padahal secara kualitas bahan dan pembuatannya asli. Toh yang dibilang produk tas asli buatan Perancis atau Itali ternyata yang bikin orang China yang tinggal disana.

Dan ketika ada seorang publik figur yang memakai sebuah tas dengan pede dan katanya dibilang asli buatan luar negeri dan merupakan salah satu dari rancangan limited edition. Ternyata setelah diketahui dari fotonya, itu palsu.

Sementara kalau kakakku bilang, asli tidaknya tas itu ya bisa dilihat pas kita memperlakukan tas kita. Kalau tasnya di taruh di sembarang tempat, apakah di lantai atau di tempat nggak semestinya, meskipun itu asli pasti akan dibilang palsu. Tetapi kalau kita pakai tas KW ditaruh ditempat yang semestinya, misal dipangku atau di dalam lemari khusus tas ya pasti akan naik pangkat jadi asli. Kemudian satu hal lagi, yaitu kita PD pas memakainya. Entah itu asli atau palsu, pasti bakal nggak kelihatan kalau memakainya.

Beli yang mana nih?  Tas yang asli atau yang palsu nih? Takutnya kalau beli yang asli dan agak mahal dibilang palsu...

Post a Comment

 
Top