0

Menggugah Status di Facebook.

Hai Good people, anda termasuk yang setia menggunakan facebook? Pasti dapat ditebak kalau anda juga sangat aktif menggugah status-status anda setiap hari bukan? Nah, mulai dari sekarang anda  harus sedikit berhati-hati ketika menggugah dan meng-update status di facebook anda, good people.

Good people, menurut hasil peneilitian yang dilakukan oleh para psikolog di Brunel University, London, telah menemukan bahwa kepribadian seseorang cenderung mempengaruhi statusnya di facebook. Hal ini merupakan sebuah kejutan kecil bahwa status Facebook mencerminkan ciri kepribadiannya. Melalui survei yang dilakukan pada 555 pengguna Facebook, para psikolog telah menemukan korelasi antara status dengan kepribadian mereka. Kemudian, para pengguna facebook dimasukkan ke dalam lima ciri kepribadian yaitu ekstroversi, neurotisisme, keterbukaan, persetujuan, dan kesadaran diri.

Nah good people, coba deh lihat kembali status-status Facebook anda yang telah anda gugah selama ini.   Kepribadian mana yang cocok dengan anda good people?

Status tentang kondisi percintaan (rumah tangga)

Artinya: Anda memiliki kepercayaan diri yang rendah. Peneliti menilai perilaku ini memperlihatkan rasa tidak aman dan rendah diri. Status semacam ini dilakukan untuk meningkatkan harga diri, menekan rasa tidak aman, dan memberikan jaminan bahwa hubungan anda dengan pasangan semakin kuat. Namun sayangnya, status ini rata-rata mendapatkan sedikit 'likes' dari pengguna Facebook.

Status berisi foto dengan sekelompok orang seperti kegiatan makan di luar, bertemu teman, dan berbagai hal konyol yang terjadi pada Anda

Artinya: Anda termasuk orang yang ekstrover atau bersikap terbuka.
Bagi anda yang suka berteman, banyak bicara dan aktif membuka pembicaraan, luwes dalam pergaulan, dan ceria, Facebook menjadi wadah yang tepat sebagai alat komunikasi dan berhubungan dengan orang lain serta untuk memamerkan kehidupan sosial anda yang luar biasa. Anda dengan tipe ini akan sering menulis status dan tidak mengherankan bila anda memiliki banyak teman.

Status berisi sharing mengenai artikel, berita, atau pun hasil karya kreatif 

Artinya: Anda orang yang berpikiran terbuka, memiliki rasa ingin tahu, dan kreatif. Anda dengan status seperti ini tak mau basa-basi. Anda memandang Facebook sebagai cara untuk memberikan pesan dan berbagi tentang informasi yang perlu diketahui banyak orang. Anda yang masuk dalam kategori ini lebih sering menggunakan Facebook untuk mencari informasi dan bukan untuk bersosialisasi. Sebagai contoh, merekomendasikan buku yang membuat orang lain kagum.

Status berisi foto anak 

Artinya: Anda orang yang teliti. Menurut studi, anda dianggap orang yang berhati-hati, detail, agak waspada, teroganisir, bertanggung jawab, dan pekerja keras. Anda yang termasuk kelompok ini juga lebih jarang menggunakan Facebook ketimbang teman-temannya. Dan bagi anda menggunakan Facebook sebagai alat untuk berbagai informasi dan komunikasi dengan anggota keluarga lain.

Status memamerkan pencapaian 

Artinya: Kemungkinan besar anda seorang narsis. Jika Anda menggunakan Facebook untuk mengumumkan suatu pencapaian yang Anda raih, maka Anda bisa digolongkan orang narsis. Pencapaian yang dimaksud di sini bisa memiliki rentang jenis yang beragam, mulai dari prestasi kerja hingga hal remeh macam mendekor ulang kamar tidur. Jika anda yang menulis status seperti ini, anda cenderung sangat menjaga penampilan dan senang mencari perhatian dan pujian dengan sering membual tentang pencapaian anda. Meski status ini banyak mendapat 'likes' dan komentar, tetapi peneliti menilai bahwa kemungkinan pengguna Facebook lain hanya berusaha bersikap sopan, padahal mereka diam-diam membencinya. 

Status berisi 'drama' yang tak pernah berakhir

Artinya: Kepribadian anda terkait dengan neuroticism. Adalah anda yang biasanya menggugah status dengan menggunakan emoticon yang menunjukkan wajah marah atau sedih. Artinya anda menggunakan Facebook untuk mencari perhatian dan dukungan yang hilang dari kehidupan nyata. Biasanya status yang anda tulis cenderung dramatis. Anda juga menggunakan facebook sebagai sebuah pembenaran. Biasanya status yang ditulis sangat emosional dan bahkan personal.


Post a Comment

 
Top