0

Sebuah studi menemukan kalau keluarga modern sekarang sedang berusaha untuk melawan kemajuan teknologi yang telah menyebabkan berkurangnya kualitas kebersamaan dengan keluarga secara dratis.  Lebih daripada 9 dari 10 orang tua mengakui bahwa mereka hanya mempunyai waktu sedikit untuk dihabiskan bersama anak-anak mereka di rumah, karena seharian penuh bekerja, mengerjakan pekerjaan rumah tangga maupun mengerjakan tugas-tugas dari kantornya. Dan ketika mereka sudah berada di rumah pun, kebersamaan dengan anak-anak mereka terganggu dengan acara televisi, game komputer, ponsel maupun tablet.

Sepertiga dari kalangan orang tua bahkan menyalahkan ketergantungan keluarga mereka terhadap teknologi sebagai alasan besar terhadap berkurangnya waktu kualitas mereka untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarganya. Dan lebih dari 3 dari sepuluh anak mengatakan kalau mereka menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game di komputer daripada berkumpul dengan keluarga melakukan aktivitas bersama. Hal inilah yang membuat mereka beralasan untuk memperbaiki kualitas kebersamaan dengan keluarga mereka.

Menurut juru bicara Holywood Bowl Family Fun, Liz Penney dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa untuk mendapatkan kualitas waktu bersama dengan keluarga sangatlah sulit, sehingga hal ini sangat memprihatinkan bagi keluarga yang mempunyai sedikit waktu untuk kebersamaan dengan keluarganya tanpa adanya gangguan.

Sebuah trend baru yang sangat mengkawatirkan muncul adalah pengaruh ketergantungan mereka terhadap perangkat elektronik , sehingga hal ini menyebabkan kualitas kebersamaan bersama dengan keluarga tercinta menjadi lebih sedikit. Bahkan ketika sudah berada dirumah pun, kemungkinan besar kebersamaan keluarga dihabiskan dengan berada didepan layar ponsel ataupun komputer.

Melalui Holywood Bowl, Liz Penney mengatakan bahwa mereka mencari berbagai solusi untuk memperbaiki hubungan keluarga. Sehingga diharapkan hasilnya para orang tua bisa menghabiskan waktu untuk keluarga lebih maksimal. Dalam penelitiannya, dirancang untuk memahami seberapa besar dan banyak sebuah keluarga menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, telah menemukan beberapa hal menarik. Dimana pentingnya kehadiran orang tua di tengah-tengah keluarganya.

Dari studi yang dilakukan terhadap 2 ribu orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya, sekolah atau aktivitas klub/soaialnya, menemukan bahwa kualitas waktu kebersamaan seperti hanya sekedar berbicara, bermain atau berinteraksi yang lain sangatlah sedikit sekali. Dan waktu yang sangat berharga dan berkualitas adalah waktu ketika pulang bersama-sama dan acara makan bersama. Akibatnya hampir tiga perempatnya orang tua mengatakan bahwa liburan sekolah dan liburan keluargalah yang menjadi benar-benar waktu berkualitas untuk dihabiskan bersama keluarga.

Karena rasa kawatirlah, banyak orang tua yang mencoba mengubah jadwal kebiasaanya dengan menyisihkan waktu lebih banyak untuk keluarga. Hal yang menjadi aktivitas favorit mereka adalah dengan pergi  makan bersama di restoran, diikuti dengan jalan-jalan di pedesaan, dan bermain di taman. Hal lain yang juga populer adalah dengan cara membuat acara memasak bersama untuk menghabiskan waktu dengan keluarganya. Tentunya hal ini sangat menyenangkan, karena bisa mendorong kedekatan hubungan antara anggota keluarga.

Post a Comment

 
Top