0


Tahu merupakan salah satu sumber protein populer di Asia. Dan baru-baru ini seorang Ilmuwan yaitu Profesor Liu Shao Quan dan mahasiswa PhD Chua Jian Yong, telah mengembangkan minuman alkohol sehat pertama di dunia yang menggunakan tahu sebagai bahan baku utamanya. 

Dalam proses pengolahannya,mereka hanya membutuhkan waktu tiga bulan untuk meramu minuman tersebut dengan mengubah komposisinya melalui proses fermentasi yang panjang. Hasilnya, mereka mengubah cairan kekuningan hasil fermentasi tersebut menjadi minuman anggur.

Selain rasanya yang enak, Quan berani menjamin alkohol sehat ini menyimpan manfaat kesehatan seperti bahan utamanya, yakni tahu. Whey, kata Quan, juga kaya kalsium sehingga minuman ini dapat memberi manfaat kesehatan pada tulang, jantung dan mencegah kanker.


"Alkohol sehat ini dibuat dengan menambahkan gula, asam dan ragi ke whey. Hasilnya, minuman tersebut rasanya sedikit manis seperti bunga dengan kandungan alkoholnya delapan persen," ujar Quan.


Saat ini, minuman tersebut memiliki umur simpan sekitar empat bulan tanpa menggunakan bahan pengawet seperti belerang dioksida.


Berani anda untuk mencicipinya? 

Post a Comment

 
Top